Definisi Manajemen Aset



Manajemen Aset
Pengelolaan aset yang masih belum tertata di Indonesia mengakibatkan lulusan dan tenaga kerja di  bidang manajemen aset sangat diperlukan. Pemerintah yang kurang sigap dalam menginventarisasi aset membuat pengelolaan aset di Indonesia menjadi kacau. Banyak aset/kekayaan negara yang tidak dapat dioperasikan secara efektif dan efisien sehingga fungsi dan potensi yang ada pada aset tidak dimanfaatkan secara optimal sehingga laba yang diperoleh pun tidak mecapai target yang telah direncanakan. Untuk itu, mari kita mengenal apa itu manajemen aset.



I. Definisi Manajemen Aset

DEFINISI ASET MENURUT PARA AHLI 

1. Hidayat 
Menurut Hidayat pengertian aset adalah barang atau benda yang bergerak dan juga tidak bergerak, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible), dimana keseluruhan hal tersebut mencakup aset atau harta aset dari suatu organisasi, instansi, badan usaha, ataupun perorangan. 
2. Siregar 
Menurut Siregar pengertian aset adalah barang (thing) atau sesuatu barang (anything)yang memiliki nilai guna atau ekonomi (economic value), nila komersial (commercial value) atau nilai tukar (exchange value) yang dimiliki oleh suatu badan usaha, instansi atau perorangan. 
3. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) 
Menurut IAI pengertian aset adalah sumber daya yang dikuasi oleh perusahaan sebagai akibat dari kejadian yang terjadi pada masa lalu dan mendatangkan manfaat ekonomis di masa depan bagi perusahaan. 
4. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 
Menurut PSAK No. 16 revisi tahun 2011 pengertian aset adalah semua kekayaan yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan, baik berwujud maupun tidak berwujud yang berharga atau bernilai yang akan mendatangkan manfaat bagi seseorang atau perusahaan tersebut. 
5. International Accounting Standards Committe (IASC) 
Menurut IASC pengertian aset adalah suatu sumber daya yang dikendalikan oleh perusahaan sebagai hasil kejadian masa lalu dimana diharapkan perusahaan akan mendapatkan manfaat ekonomis di masa depan. 
6. International Financial Reporting Standards (IFRS) 
Menurut IFRS definisi aset adalah suatu sumber yang dikendalikan oleh entitas sebagai akibat dari peristiwa masa lalu (misalnya menciptakan sendiri atau membeli) dan dari manfaat ekonomis masa depan (arus kas masuk dan aset lain) yang diharapkan. 
7. Financial Accounting Standards Board (FASB) 
Menurut FASB pengertian aset dalam kerangka konseptualnya (SFAC No. 6, prg. 25) adalah sebagai manfaat ekonomik masa depan yang cukup pasti yang diperoleh atau dikuasai/ dikendalikan oleh suatu entitas sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu.
DEFINISI MANAJEMEN ASET MENURUT PARA AHLI 
1.Dr. A. Gima Sugiama (Sugiama, 2013:15) 
Manajemen Aset adalah ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses merencanakan kebutuhan aset, mendapatkan, menginventarisasi, melakukan legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan hingga mengalihkan aset secara efektifdan efisien. 

Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya. 
Efisien adalah Memakai atau menggunakan sumber daya serendah mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2.Hastings (2010) 
Manajemen aset adalah serangkaian kegiatan yang terkait dengan (1) mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan aset, (2) mengidentifikasi kebutuhan dana, (3) memperoleh aset, (4) menyediakan sistem dukungan logistik dan pemeliharaan untuk aset, (5) menghapus atau memperbaharui aset sehingga secara efektif dan efisien dapat memenuhi tujuan. 

Adapun pendapat lain dari para ahli di bawah ini: 
 Siregar (2004) 
“Manajemen Aset merupakan salah satu profesi atau keahlian yang belum sepenuhnya berkembang dan populer di lingkungan pemerintahan maupun di satuan kerja atau instansi”. 


Sumber:
Sugiama, A.Gima,2013, Manajemen Aset Pariwisata, Guardaya Intimarta: Bandung
Siregar, Doli D., 2004, Manajemen Aset, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Hastings, Nicholas A. John. 2010. Physical Asset Management. Springer.
Hidayat, Muchtar. 2011. Manajemen Aset (Privat dan Publik). Yogyakarta: LaksBang.

Komentar